Sebening Embun

Sebening Embun
Embun. Aku memanggilnya embun. Titik – titik air yg jatuh dari langit di malam hari dan berada di atas dedaunan hijau yang membuatku damai berada di taman ini, seperti damai nya hatiku saat berada disamping wanita yang sangat aku kagumi, embun.

“ngapain diam di situ, ayo sini rei…” teriakan embun yang memecahkan lamunanku. Aku lalu menghampirinya, dan tersenyum manis dihadapan nya.

“gimana kabarmu embun?”

“seperti yang kamu lihat, tak ada kemajuan. Obat hanyalah media yang bertujuan memperparah keadaanku. Dan lihat saja saat ini, aku masih terbaring lemah dirumah sakit kan?”, Keluhnya.

“obat bukan memperparah keadaanmu, tapi mencegah rasa sakitnya. Embun,, kamu harus optimis ya”.

“hei rei, aku slalu optimis. Kamu nya aja yang cengeng. Kalo jenguk aku pasti kamu mau nangis,, iya kan? Udahlah rei,,, aku udah terima semua yang di takdirkan Tuhan,, dan saatnya aku untuk menjalaninya, kamu jgn khawatir, aku baik-baik aja kok”. Benar kata embun, aku selalu ingin menangis ketika melihat keadaannya. Lelaki setegar apapun, pasti akan sedih melihat keadaannya, termasuk aku.
***

Sudah 2 minggu tak kutemui senyum embun di sekolah. Sangat sunyi yang aku rasakan. Orang yang aku cintai sedang bertaruh nyawa melawan kanker otak yang telah merusak sebagian hidupnya. Apa? Cinta? Apakah benar aku mencintainya??? Entahlah,, aku hanya merasakan sakit di saat melihat dia seperti ini. ya Tuhan, izinkan aku menggantikan posisinya. Aku tak ingin melihat wanita yang aku sayangi terbaring lemah di sana. Tolong izinkan aku.

Seperti biasa, aku menyempatkan diri setelah pulang sekolah untuk pergi menjenguk embun di rumah sakit.

“hai embun,, bagaimana kabarmu?”

“sudah merasa lebih baik di bandingkan hari kemarin. Gimana keadaan sekolah kita?”

“baik juga. Cuma… ada sedikit keganjalan.”

“keganjalan apa rei?”

“karena di sana tak kutemukan senyummu embun….”

“ada ada aja kamu rei,,, hahaha. O iya, kata dokter, besok aku udah di izinin pulang lho. Aku senang banget. Kamu bisa kan jemput aku di sini”.

“apa? Serius?” tanyaku kaget dan senang juga.

“sejak kapan aku bisa bohong sama kamu. Aku serius reivan algibran. Hehehhe”.

“gak perlu sebut nama lengkapku embun azzula,, aku percaya kok”. Senang sekali bisa melihat senyum dan tawamu embun,,, bathinku.

***
Waktu terasa cepat berlalu, karena sekarang aku sudah berada tepat di depan pintu kamar embun. Aku mengetuknya dan…” pagi embun,,”

“pagi juga reivan,, gimana, kamu dah siapkan antar aku kemanapun aku mau…?”

“siap tuan putri,, aku selalu siap mengantarmu kemanapun engkau mau. Heheheh”

“ok,, sekarang aku pengen ke taman. Tempat kita pertama kali bertemu rei,, kamu bisa antar aku ke sana kan?”.

“siip, berangkat”.

Taman ini menjadi tempat favorit kami. Sedih, suka, marah akan kami lontarkan di tempat ini. Tempat yang penuh dengan bunga-bunga yang kami tanam dari nol. Ya, taman ini karya kami. Taman yg terletak tepat di belakang gedung sekolah. 1 petak tanah yg tak pernah tersentuh oleh tangan manusia, ntah apa alasan mereka. Tanah yg tandus, bunga yg layu telah kami sulap menjadi taman cinta yang begitu indah, yang di tumbuhi bunga2 kesukaan kami. Sejak embun di rawat di rumah sakit, aku tak pernah mengunjungi taman ini, walaupun dekat dengan sekolahku.

“rei, kenapa semua bunga di sini layu,, apakah tak pernah kamu rawat?”. Tanyanya. Apa yang harus aku jawab,, aku tau, dia pasti marah.

“mereka layu karena tak ada embun di sini”. jawabku seadanya.

“embun? Bukannya tiap pagi selalu ada embun yg membasahinya?”

“tak ada yg lebih berarti selain embun azzula bagi tanaman ini, termasuk aku”. Jelasku yg membuat dia terdiam sesaat.

“maksud kamu?”, dia menatapku dalam.

“tak ada,, mereka cuma butuh embun azzula yg merawatnya, bukan embun biasa dan aku. Mereka kesepian, karena sudah 2 minggu tak melihat senyum dan tawamu embun”.

“ya, aku menyadarinya itu. Sahabat,,, maafin embun ya,,, maaf selama ini embun gak bisa merawat sahabat serutin kemarin. Itu karena kesehatan embun yg semakin berkurang. Dulu embun bisa berdiri sendiri, sekarang embun harus menggunakan tongkat, kursi roda dan bahkan teman. Teman seperti rei, yg bisa memapah embun. Thanks y rei..”

“eh,, ii iya, iya embun, sama sama.”

Sudah seharian kami di sini,, tanpa di sadari embun terlelap di pangkuanku. Menetes airmataku ketika melihat semua perubahan fisik yg terjadi padanya. Wajahnya yg pucat, tubuhnya yg semakin kurus, dan rambutnya yg semakin menipis, membuat aku kasihan. Kenapa harus embun yg mengalaminya? Tapi aku juga salut, tak pernah ada airmata di wajahnya. Dia sangat menghargai cobaan yg diberikan Tuhan kepadanya, dia selalu tersenyum, walaupun sebenarnya aku tau, ada kesedihan dibalik senyum itu.

“rei…” desahnya

“ia embun. Kamu dah bangun ya? Kita pulang sekarang yuk,,, “ ajakku ketika dia sadar dari mimpinya.

“aku mau di sini terus rei,, kamu mau kan nemenin aku. Aku mau menunggu embun datang membasahi tubuhku. Sudah lama sekali aku tak merasakannya”.

“tapi angin malam gak baik buat kesehatan kamu”.

“aku tau, tapi untuk terakhir kali nya rei,,, pliss…”.

“maksud kamu apa? Aku gak mau dengar kalimat itu lagi”.

“gak ada maksud apa-apa,,, kita gak tau takdir kan. Dah ah,, kalo kamu gak mau nemenin aku, gak apa-apa. Aku bisa sendiri”.

“gak mungkin aku gak nemenin kamu embun,, percayalah… aku akan selalu ada untukmu”.

“ gitu dong,, itu baru sahabat aku.” Ucapnya sambil melihat bunga-bunga di sekelilingnya.

“embun…”

“ya,,,”

“kamu suka dengan embun?”

“sangat. Aku sangat menyukainya. Embun itu bening, sangat bening. Dan bening itu menyimpan sejuta kesucian. Aku ingin seperti embun, bening dan suci. Menurutmu bagaimana?”

“aku juga mencintai embun. Mencintai embun sejak mengenal embun”.

“rei, kamu tau… aku ingin seperti embun. Embun yang bisa hadir dan memberi suasana beda di pagi hari. Embun yg selalu di sambut kedatangannya oleh tumbuhan”.

“kamu sudah menjadi embun yg kamu inginkan.”

“maksudmu?”

“tak ada”.

Aku sengaja merahasiakan perasaanku terhadapnya. Karena aku tau, tak ada kata “ya” saat aku menyatakan perasaanku nanti. dia tak mau pacaran, dan dia benci seorang kekasih, ntah apa alasannya.

Jam sudah menunjukkan pukul 5 pagi. Embun pun terlelap kelelahan di sampingku.

“embun,,,, embun,,,,,, bangun embun,, sekarang sudah pagi. Katanya mau melihat embun, ayo bangun” pujukku,, tapi tak kudengarkan sahutan darinya.

“ayolah embun, bangun. Jangan terlelap terlalu lama…” aku mulai resah, apa yg terjadi. Kurasakan dingin tubuhnya, tapi aku menepis fikiran negatif ku. Mungkin saja dingin ini berasal dari embun pagi.

“embun sayang,, ayo bangun. Jangan buat aku khawatir”. Lagi lagi tak kudengarkan sahutannya. Tubuhnya pucat, dingin, kaku,,. Aku mencoba membawanya kerumah sakit dengan usahaku sendiri. Dan,,, “ kami sudah melakukan semaksimal mungkin, tapi Tuhan berkehendak lain. Embun sudah menghadap sang pencipta” itulah kata-kata dokter yg memeriksa embun yg membuat aku bagai tersambar petir. Aku lemah, jatuh, dan merasa bersalah. Kalau tak karena aku yang mengajaknya ke taman, mungkin tak kan seperti ini. Ya Tuhan, kenapa ini terjadi… aku tak sanggup.
***

Beberapa bulan kemudian….
Aku temui surat berwarna biru dan ada gambar embun di surat itu.

    Teruntuk reivan alghibran
    Embun…
    Titik titik air bening yg jatuh dari langit
    Dan membasahi kelopak bunga yg aku sukai.
    Aku ingin seperti embun, yg bisa hadir di hati orang
    Yg menyayanginya. Tapi aku tak menemui siapa orang itu???

    Rei … makasih ya, dalam waktu terakhirku, kamu bisa menjadi embun di hatiku. Dan tak kan pernah aku lupakan itu. Rei,, maaf kalau sebenarnya aku suka sama kamu. Aku sengaja tak mengungkapkannya, karena aku tau.. sahabat lebih berharga di banding kekasih.

    O ia rei,,, tolong rawat taman kita ya,, aku gak mau dia layu karena tak ada yg memperhatikannya lagi. Karena taman itu adalah tempat pertemuan kita pertama dan terakhir kalinya.
    sekali lagi,, makasih dah jadi embun selama aku hidup dan tolong,, jadiin aku embun di hatimu ….

    salam manis… embun azzula.


“Embun,,,kamu tau, pertama aku kenal kamu, kamu telah menjadi embun dihidupku, yang menyejukkan hatiku. Dan kamu adalah butiran bening yang selalu buat aku tersenyum, seperti embun yang selalu buatmu tersenyum.

Taman ini, bukan aku yg akan merawatnya, tapi kita. Dan taman ini tak akan pernah mati, karena kamu selalu ada di sini, di sini rumah mu.” Kalimat terakhirku ketika meletakkan setangkai bunga mawar yg aku ambil dari taman di atas pusaranya. Pusara yg terletak di tengah-tengah taman embun. Dan kunamai taman itu dengan nama EMBUN. embun.. yang tak kan pernah mati…

the end



puisi cinta
puisi kemerdekaan
puisi lama
puisi guru
puisi ibu
puisi pahlawan
puisi tentang lingkungan
puisi persahabatan
puisi cinta romantis
puisi sapardi djoko damono
puisi cinta
puisi kemerdekaan
puisi lama
puisi guru
puisi chairil anwar
puisi ibu
puisi pahlawan
puisi tentang lingkungan
puisi persahabatan
puisi cinta romantis
puisi aku
puisi anak
puisi adalah
puisi aadc
puisi anak sd
puisi alam
puisi ayah
puisi anekdot
puisi abad kejayaan
puisi aan mansyur
puisi a samad said
puisi a samad said peludah warna
puisi a thousand years
puisi a aziz deraman
puisi a samad said guru
puisi a deep meaning of friendship
puisi a red red rose
puisi a samad said janji demokrasi
puisi a knight's tale
puisi a samad said tipu segala tipu
puisi berantai
puisi bahasa jawa
puisi bahasa inggris
puisi baru
puisi bahasa sunda
puisi bunga
puisi bebas
puisi buat pacar
puisi bahasa bali
puisi buat ibu
puisi b.j habibie
puisi b.indo
puisi b.inggris tentang pendidikan
puisi b.jawa guru
puisi b.inggris tentang lingkungan
puisi b inggris sahabat
puisi b.indonesia tentang guru
puisi b.indramayu
puisi b sunda tentang perpisahan
puisi b.inggris tentang pahlawan
puisi cinta
puisi chairil anwar
puisi cinta romantis
puisi cinta kahlil gibran
puisi cinta bahasa inggris
puisi chord
puisi cinta sedih
puisi cinta islami
puisi chairil anwar aku
puisi cinta pendek
puisi c anwar
puisi c
puisi c nta
puisi c l b k
kumpulan puisi c
kumpulan puisi c. anwar
puisi doa
puisi diponegoro
puisi dalam bahasa inggris
puisi doa chairil anwar
puisi dee lestari
puisi dwitasari
puisi dilan
puisi dian sastro
puisi desaku
puisi dan prosa
puisi d malam hari
puisi d bulan ramadhan
puisi d malam minggu
puisi d zawawi imron blog
puisi d film aadc
puisi d selingkuhin
puisi d pantai
puisi d saat hujan
puisi d jawawi imron
puisi di tengah malam
puisi emha ainun najib
puisi eksemplum
puisi embun pagi
puisi elegi
puisi edgar allan poe
puisi edelweis
puisi erotis
puisi egois
puisi eyno
puisi ebiet g ade
puisi e
e book puisi
e-book puisi cinta
e-book antologi puisi
puisi e.l.f
puisi e.m yogiswara
puisi e.e cummings
e book kumpulan puisi
puisi fabel
puisi fisika
puisi fiersa besari
puisi filsafat
puisi fajar
puisi filosofi kopi
puisi film abad kejayaan
puisi film magic hour
puisi fatamorgana
puisi film jomblo
puisi f
puisi f rahardi
puisi f aziz manna
puisi f. rizal alief
kumpulan puisi f.rahardi
puisi guru
puisi gus mus
puisi galau
puisi guruku
puisi gie
puisi gombal
puisi gunung
puisi guru singkat
puisi gugur
puisi goenawan mohamad
puisi g 30 s pki
puisi g bs tdr
puisi g bisa tidur
puisi g uru
puisi g alau
puisi hujan
puisi hujan bulan juni
puisi hari kemerdekaan
puisi hewan
puisi habibie untuk ainun
puisi hidup
puisi hari kiamat
puisi hutan
puisi hati
puisi humor
puisi h
cont h puisi
puisi h.b jassin
kumpulan puisi h.b jassin
ramadhan k.h puisi
puisi ibu
puisi indonesia
puisi islami
puisi indah
puisi indonesiaku
puisi ibrahim pasha
puisi idul fitri
puisi ibu singkat
puisi ibu dan ayah
puisi indonesia merdeka
i puisi pahamilah aku
puisi i love you forever and ever
puisi i gusti ngurah rai
puisi i wandered lonely as a cloud
puisi i bu
puisi i slank u
puisi i like you
puisi i'm not single
puisi i like u
puisi i will wait
puisi jikustik
puisi jikustik chord
puisi jalaludin rumi
puisi jikustik mp3
puisi joko pinurbo
puisi jatuh cinta
puisi jawa
puisi jalan kehidupan
puisi jenaka
puisi jomblo
puisi j rumi
puisi j.m aziz
stephen j puisis
contoh puisi j.e tatengkeng
puisi j-rocks
puisi j.e tatengkeng anakku
puisi j
antologi puisi j e tatengkeng
analisis puisi j.e.tatengkeng
puisi kemerdekaan
puisi kehidupan
puisi kontemporer
puisi karya chairil anwar
puisi karawang bekasi
puisi keindahan alam
puisi karya taufik ismail
puisi kemerdekaan singkat
puisi kematian
puisi kecewa
puisi k-pop
puisi k hidupan
puisi k jujuran
puisi k
puisi k gibran
puisi k hilangan
puisi k rinduan
puisi k ginting
puisi k indahan alam
puisi k indahan
puisi lama
puisi lingkungan
puisi lucu
puisi lirik
puisi ldr
puisi lama dan puisi baru
puisi lingkungan sekolah
puisi laut
puisi liburan
puisi lebaran
puisi l arc en ciel
puisi l k ara
puisi l
puisi l love you
contoh puisi l
puisi malam
puisi motivasi
puisi merdeka
puisi modern
puisi matahari
puisi menyentuh hati
puisi mp3
puisi maaf
puisi mbeling
puisi mustofa bisri
m.puisi cinta.com
puisi m frustasi
puisi m iqbal
puisi m nasir
puisi m natsir
puisi m skyfall
puisi m@9iztr@
puisi m.r dajoh
puisi m aan mansur
puisi m furtasi
puisi narkoba
puisi nasionalisme
puisi nasehat
puisi neraka
puisi nelayan
puisi negeri para bedebah
puisi negeriku
puisi nama
puisi nurul arifin
puisi nh dini
puisi n syair
puisi n kata mutiara
puisi n lagu
puisi n.h. ainun najib
puisi n sajak
wat is n puisie
puisi n pantun
puisi n
puisi n h dini
puisi n pantun cinta
puisi orang tua
puisi ombak
puisi ode
puisi orang-orang miskin
puisi orang sakit
puisi online
puisi ospek
puisi orang ketiga
puisi ombak rindu
puisi orang gila
puisi o amuk kapak
puisi o sutardji
puisi o level
puisi o karya sutardji calzoum
puisi o amuk karya sutardji
puisi o holy night
analisis puisi o
makna puisi o amuk kapak
arti puisi o
tema puisi o amuk kapak
puisi pahlawan
puisi perpisahan
puisi pendek
puisi persahabatan
puisi perjuangan
puisi perpisahan sekolah
puisi patah hati
puisi pendidikan
puisi pagi
puisi pramuka
puisi p ramlee
puisi p.d.k.t
puisi p.ramli
p engertian puisi
puisi p
puisi p.lubis
puisi p'sahabatan
point p pusignan
puisi quatrain
puisi quran
puisi qais dan laila
puisi q sutardji
puisi q sayang kamu
puisi quotes
puisi qanaah
puisi q mencintaimu
puisi q rindu kamu
puisi qais majnun
puisi q sutardji
puisi q sayang kamu
puisi q mencintaimu
puisi q rindu kamu
puisi q karya sutarji
puisi q tak sempurna
puisi q lelah
puisi q yang tersakiti
puisi q ingin
puisi q pergi
puisi romantis
puisi rindu
puisi ramadhan
puisi romantis buat pacar
puisi rangga
puisi rumi
puisi religi
puisi rindu kekasih
puisi romantis singkat
puisi rumah
puisi r
puisi r.i.p
puisi r.a kartini bahasa inggris
puisi r.a kartini bahasa jawa
puisi r.akartini
puisi r.a kartini terbaru
puisi r omantis
contoh puisi r a kartini
kumpulan puisi r a kartini
membuat puisi r.a kartini
puisi sapardi djoko damono
puisi singkat
puisi sahabat
puisi soe hok gie
puisi senja
puisi sedih
puisi sunda
puisi sekolahku
puisi sekolah
puisi sutardji calzoum bachri
puisi s yoga
puisi s.i.d
puisi s othman kelantan
puisi s.m zakir
puisi s
puisi s rendra
puisi s. anantaguna
puisi a.samad said
puisi s. rukiah
kumpulan puisi s
puisi tentang lingkungan
puisi tentang kemerdekaan
puisi tentang guru
puisi tentang ibu
puisi tentang pahlawan
puisi tentang sahabat
puisi tentang indonesia
puisi taufik ismail
puisi tentang alam
puisi tentang kehidupan
puisi t
puisi t alias taib
puisi t.s eliot
puisi untuk guru
puisi ulang tahun
puisi untuk ibu
puisi untuk sahabat
puisi untuk ayah
puisi untuk orang tua
puisi untuk pacar
puisi ulang tahun untuk sahabat
puisi untuk suami
puisi untuk istri
puisi u suamiku
puisi u/suami tercinta
puisi untuk ibu
puisi u mama
puisi u pacar
puisi u ntuk guru
puisi u ibu
puisi u
puisi u sahabat
puisi u guru
puisi vespa
puisi viva pancasila
puisi vs pantun
puisi vs sajak
puisi video
puisi cinta
puisi valentine bahasa inggris
puisi valentine romantis
puisi vino g bastian
puisi valentine buat pacar
puisi v
puisi wiji thukul
puisi ws rendra
puisi waktu
puisi wanita
puisi wisuda
puisi ws rendra terakhir
puisi wikipedia
puisi ws rendra kangen
puisi wanita solehah
puisi waktu kahlil gibran
puisi w.s hendra
puisi w s
puisi w.s renda
puisi2 w.s rendra
puisi w.s rendra mp3
puisi w.s rendra tentang kritik sosial
puisi w.s rendra tema alam
makna puisi w.s rendra
naskah puisi w.s rendra
analisa puisi w.s rendra
x-puisiku
puisi x
puisi yang menyentuh hati
puisi yang bagus
puisi yang mengandung majas
puisi yang bisa dijadikan lagu
puisi yang dijadikan lagu
puisi yang indah
puisi yang lucu
puisi yang paling sedih
puisi yang panjang
puisi yang fana adalah waktu
puisi y.b mangunwijaya
puisi y
puisi j.e. tatengkeng
puisi y thendra bp
puisi y e
puisi zarry hendrik
puisi zawawi imron
puisi zarry
puisi zarry hendrik pergimu itu matiku
puisi zarry hendrik selamanya
puisi zarry hendrik tidak dicintaimu
puisi zainudin untuk hayati
puisi zarry hendrik sumpahku padamu
puisi zarry hendrik apa kau pernah
puisi zarry hendrik suatu hari nanti
puisi z
puisi 0rang miskin
04 puisi mp3
0.puisi cinta
puisi untuk 0rang tua
puisi angkatan 00
puisi chanel 00
0.puisi
puisi tentang 0rang tua
jikustik 04 puisi lyrics
puisi perpisahan kelas 06
0.puisi cinta
0.puisi
puisi 17 agustus
puisi 17 agustus 1945
puisi 17 agustus yang singkat
puisi 1 bait
puisi 17 agustus anak sd
puisi 10 november
puisi 17 agustusan
puisi 17 agustus 2015
puisi 17an
puisi 1 bait 4 baris
1 puisi cinta
puisi 1 malaysia
puisi 1 syawal
puisi 1 bait 5 baris
puisi 1 alam sari
puisi 1 bait tentang keindahan alam
puisi 1 januari
puisi 1 cinta 2 pilihan
puisi 1 muharram 1435 h
puisi 1 bait tentang cinta
puisi 2 bait
puisi 2015
puisi 2 bait tentang alam
puisi 2 bait tentang sahabat
puisi 20 bait
puisi 2 bait tentang guru
puisi 2 bait tentang ibu
puisi 2 alam sari
puisi 2 bait 4 baris
puisi 2 baris
2 puisi yang temanya sama
2 puisi karya chairil anwar
2 puisi cinta
2 puisi lama
puisi 2 bait tentang sahabat
puisi 2 bait 4 baris
puisi 2 baris
puisi 2 bait tentang keindahan alam
puisi 2 bait tentang guru
puisi 2 mei
puisi 3 bait
puisi 3 paragraf
puisi 3 bahasa
puisi 3 bait tentang alam
puisi 3 bait 4 baris
puisi 3 alam sari
puisi 3 kajang
puisi 3 bait tentang guru
puisi 3 bait tentang keindahan alam
puisi 3 anak kecil
3 puisi kemerdekaan
3 puisi indonesia merdeka
3 puisi lucu
3 puisi baru
3 puisi terkenal
3 puisi karangan chairil anwar
3 puisi tentang guru
3 puisi pahlawan
3 puisi chairil anwar
3 puisi karya chairil anwar
puisi 4 bait
puisi 4 baris
puisi 45
puisi 4 bait 4 baris
puisi 4 bait tentang ibu
puisi 4 bait tentang guru
puisi 4 bait tentang pahlawan
puisi 4 bait tentang alam
puisi 4 kajang
puisi 4 alam sari
4 puisi lama
puisi 4 bait tentang alam
puisi 4 bait tentang guru
puisi 4 bait tentang persahabatan
puisi 4 bait persahabatan
puisi 4 bait tentang cinta
puisi 4 bait tentang sekolah
puisi 4 pilar
puisi 4 bait tentang pendidikan
puisi 4 bait untuk ibu
puisi 5 bait
puisi 5cm
puisi 5cm zafran
puisi 5 bait tentang sekolah
puisi 5 bait tentang alam
puisi 50 tahun pernikahan
puisi 5 bait tentang lingkungan
puisi 5 bahasa
puisi 5 bait tentang cinta
puisi 5s
5 puisi pendek
5 puisi karya taufik ismail
5 puisi karya chairil anwar
5 puisi lama
5 puisi terkenal
5 puisi beserta pengarangnya
5 puisi dalam bahasa inggris
5 puisi bahasa sunda
5 puisi perjuangan
5 puisi tentang guru
puisi 6 bait
puisi 66
puisi 6 bait tentang cinta
puisi 6 bait tentang keindahan alam
puisi 6 bait tentang ibu
puisi 6 bait tentang guru
puisi 68 tahun indonesia merdeka
puisi 69
puisi 6 bait tentang pahlawan
puisi 6 baris disebut
6 puisi tradisional tingkatan 4
puisi 6 bait tentang cinta
puisi 6 bait tentang keindahan alam
puisi 6 bait tentang ibu
puisi 6 bait tentang guru
puisi 6 bait tentang pahlawan
puisi 6 baris disebut
puisi 6 bait tentang pendidikan
6 macam puisi lama
6 contoh puisi lama
puisi 70 tahun indonesia
puisi 70 tahun indonesia merdeka
puisi 70 tahun merdeka
puisi 7 bait
puisi 7 petala cinta
puisi 7 keajaiban dunia
puisi 7 kata cinta
puisi 7 pencitraan
puisi 7 baris
puisi 70an
7 puisi lama
7 puisi baru
7 puisi indah
7 puisi cinta
7 puisi terbaik
7 puisi terbaik di dunia
7. puisi-jikustik
puisi 7 bait
puisi 7 petala cinta
puisi 7 keajaiban dunia
puisi 8 bait
puisi 8 baris
puisi 8 bait tentang guru
puisi 80 kata
puisi 8 baris 1 bait
puisi 8 bait tentang ibu
puisi 8 gol uks
puisi 8 larik
puisi 8 kata
puisi 8 baris disebut
8 puisi lama
8 puisi baru
8 puisi cinta pilihan
puisi 8 bait
puisi 8 bait tentang guru
puisi 8 baris 1 bait
puisi 8 bait tentang ibu
puisi 8 gol uks
puisi 8 kata
puisi 8 baris disebut
puisi 99 kali rindu
puisi 9 cm
puisi 9 baris
puisi 9 naga
puisi 9 bulan ibu mengandung
puisi 9 september
puisi 9 tahun tsunami
puisi 90an
puisi 99 untuk tuhanku
puisi 9 bait
9 puisi dalam bahasa inggris
9 puisi bahasa inggris
9 puisi cinta
9 puisi lama
9 puisi cinta bahasa inggris
puisi 9 cm
puisi 9 baris
puisi 9 naga
puisi 9 bulan ibu mengandung
puisi 9 september
puisi 10 november
puisi 10 baris
puisi 10 bait
puisi 1001 malam
puisi 10 hari terakhir ramadhan
puisi 1000 hari ainun
puisi 10 nopember
puisi 10 things i hate about you
puisi 100 hari
puisi 10 bait tentang alam
10 puisi terbaik
10 puisi karya chairil anwar
10 puisi pendek
10 puisi karya sanusi pane
10 puisi tentang pendidikan
10 puisi bahasa sunda
10 puisi cinta terbaik
10 puisi terkenal
10 puisi terkenal di indonesia
10 puisi tentang lingkungan






0 comments